Tuesday, January 16, 2018

Keterampilan yang Harus Dimiliki Seorang Audio Engineering


Audio Technician

Membahas mengenai industri kreatif di Indonesia khususnya industri musik Indonesia sepertinya tidak ada habisnya. Musik sudah menjadi konsumsi masyarakat sehari-hari. Hampir disetiap tempat dan semua konten yang ada di televisi ataupun radio menyajikan musik. Akibatnya industri musik indonesia terus melakukan inovasi dan meningkatkan kreatifitasnya untuk tetap mempertahankan peminatnya.

Baca juga:

Pada artikel sebelumnya dibahas tentang peluang karir dalam bidang audio production, khusus di artikel ini akan dibahas lebih lanjut mengenai keterampilan yang harus dimiliki audio engineering. Namun, sebelumnya kita akan sedikit membahas tentang pengertian dan alasan audio engineering sangat dibutuhkan.

Apa itu audio engineering ?
Jika audio producion berkaitan dengan proses dalam mengolah dan menghasilkan suatu audio, maka audio engineering adalah operatornya. Audio engineering adalah suatu bidang yang menggunakan berbagai tools dalam semua proses yang berhubungan dengan audio. Oleh karena itu, orang yang ingin menggeluti profesi ini harus paham dan mahir bagaimana menggunakan tools baik berupa hardware maupun software

Kenapa audio engineering sangat dibutuhkan dalam industri musik indonesia ?
Dalam menghasilkan sebuah musik apalagi jika berupa lagu membutuhkan proses yang tidak singkat. Proses dimulai dari rekaman, pengaturan dan proses editing, mixing, sampai menjadi sebuah lagu. Tidak hanya itu, dalam media TV dan radio juga membutuhkan seorang yang ahli dalam pengaturan audio agar menghasilkan sesuatu yang mendukung suatu tampilan visual dan sesuai ditelinga para pendengar.

Pentingnya peranan seorang audio engineering tidak terlepas dari kemampuan atau skills yang dimilikinya. Oleh karena itu, jika kalian ingin menjadi audio engineering, kalian sebaiknya mengetahui keterampilan yang harus dimiliki seorang audio engineering. 

1. Pemahaman terhadap basic audio

Bergelut dengan audio mengharuskan kalian memahami basic audio terlebih dahulu, dengan begitu akan lebih mudah mengerjakan suatu project audio. Dua hal penting yaitu gelombang suara menyangkut proses dihasikan suara dan berbagai equipment di bidang audio perlu untuk dipahami. Jika suatu saat terdapat masalah, kalian bisa langsung mengetahui sumber masalahnya dan apa yang perlu dilakukan untuk mengatasinya.

2. Mahir mengoperasikan komputer

Kebanyakan peralatan media kreatif serba digital dan komputer menjadi bagian yang paling berpengaruh. Dalam mengolah audio diperlukan beberapa kemampuan menggunakan software, oleh karena itu, kalian harus paham dalam mengoperasikan komputer. 

3. Mahir dengan berbagai jenis media perekaman

Menjadi audio engineering haruslah memiliki peralatannya sendiri, ibarat senjata yang selalu menjadi andalan dalam bertempur. Keahlian menggunakan perangkat keras yang menjadi media dalam proses pengolahan audio sangat penting untuk dimiliki. Adapun peralatan yang sering digunakan seperti microphones, speakers,  digital audio workstation (DAWs), tape analog, multitrack recorder, dynamic range compressors, audio data compressors, music sequencers, signal processors, preamplifiers, mixing consoles dan lain-lain.

4. Tahu proses audio editing, mixing, mastering dan reproduksi suara

Jika sudah memahami berbagai perangkat keras  penunjang, saatnya untuk menguasai sofware pendukung untuk mengolah audio karena perangkat keras akan terintegrasi dengan software. Salah satu program software yang terkenal yaitu pro-tools.

5. Tahu cara merawat dan memperbaiki peralatan sistem audio

Mengetahui bagaimana cara merawat dan mengatasi permasalahan dari perangkat yang kalian gunakan juga menjadi hal yang penting untuk diketahui, seperti anak yang perlu diperhatikan keberadaanya.

6. Memiliki kepekaan terhadap musik

Bagaimana mau mencintai bidang audio engineering kalau kalian sendiri masih belum paham tentang dunia musik. Hal-hal penting seperti berbagai jenis genre musik setidaknya diketahui. Musik menjadi bagian dari audio, dengan memahami musik dapat menambah ide untuk kalian nantinya.

7. Manajemen yang baik

Dalam bekerja di bidang audio, kalian sebaiknya memiliki manajemen yang baik. Keterampilan ini dibutuhkan dalam mengatur kinerja kalian nantinya. Misalnya, kalian harus paham mengatur kapan harus prepare semua peralatan sebelum digunakan, apalagi jika digunakan untuk live performance.

Attention to detail, itu juga menjadi point penting dalam audio selain dari yang disebutkan di atas. Sebenarnya masih banyak lagi keterampilan yang harus dimiliki seorang audio engineering. Salah satu cara yang tepat dalam menggeluti bidang audio engineering adalah dengan mengikuti pembelajaran yang menawarkan berbagai macam program di industri musik Indonesia, salah satunya di bidang audio engineering.  
Program Audio Engineering di SAE Institute Jakarta


SAE Institute Jakarta salah satu sekolah yang bergerak dibidang industri kreatif dan turut melahirkan generasi kreatif dengan program dari tingkat sarjana, diploma, maupun program pelatihan lainnya, tidak hanya bidang audio, namun berbagai bidang kreatif seperti animasi, film dan bisnis musik juga dengan fasilitas kelas dunia. Kelas praktis dan latihan dilakukan langsung di studio didukung dengan kelas teori, sehingga memberikan pengetahuan yang mendalam bagi kalian tentang berbagai masalah yang terkait dengan audio.

No comments:

Post a Comment

Semoga bermanfaat...Silahkan komentarnya,,,